Rabu, 01 Juli 2015

Masak Burung Puyuh

Mengolah Burung Puyuh sama hal-nya seperti mengolah masakan dari bahan ayam, hanya jika burung puyuh ukurannya kecil, maka satu ekor menjadi 2 potong. Setelah dibersihkan dari bulu serta isi dalamnya.Burung pyuh dibersihkan sampai benar-benar bersih.Kemudian dimasak sesuai dengan selera, yaitu bisa di goreng, dibakar, dibuat masakan berkuah ataupun ditumis.
Masak burung puyuh harus benar-benar berani bumbu (bumbu banyak), usahakan bila masak burung puyuh harus diproses dengan cara diungkep / dibacem / direbus  dengan bumbu kuning, karena dengan demikian akan menghasilkan santapan yang gurih dan lezat.
Sedangkan ketika mengungkep burung puyuh, sebaiknya  menggunakan api kecil dan ditutupi supaya burung puyuh cepat empuk. Bagi  yang belum tahu memasak dengna mengungkep itu seperti apa, berikut penjelasannya. Ungkep adalah cara memasak dengan cara merebus burung puyuh dan bumbu ( bumbu kuning / bumbu putih + kecap) secara bersamaan dengan api kecil sampai kering atau sampai bumbu meresap kedalam daging burung puyuh.
Daging burung puyuh mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, berbagai macam vitamin, dan masih banyak lagi. Sehingga, kebutuhan tubuh akan berbagai macam gizi akan terpenuhi.
Bila ingin memasak burung puyuh, usahan beli Burung Puyuh Pedaging. Karena tekturnya lebih lembut, lebih enak, lebik nikmat serta akan kaya dengan protein serta dagingnya mudah meresap dengan bumbu. Biasanya Burung Puyuh Pedaging ini dikenal dengan Nama MALOND atau Nanuk Londo.
Ukuran Burung Puyuh / Malond / Nanuk Londo lumayan besar bila dibandingkan dengan burung puyuh biasanya. Antara lain ukurannya :
                        Malond Resto               >225 gram
                        Malond A                      205 – 224 gram
                        Malond B                      185 – 204 gram
                        Malond B Bekakak        185 – 204 gram
Burung Puyuh Jenis Malond ini sudah banyak dijual / disajikan di restoran – restoran besar
Burung puyuh termasuk makanan bergizi namun sulit dicari sangat jarang untuk mendapatkan burung puyuh sejenis unggas ini kalau terlur puyuh banyak, Anda bisa mencari di pasar-pasar tradisional. Sama halnya dengan daging ayam, ikan, sapi, daging burung puyuh pun bisa dimasak dengan cara di goreng dan dibakar atau panggang.

Resep Burung Puyuh Tumis Kecap:
5 ekor burung puyuh, siap pakai, belah dua
1 sdm air jeruk nipis.
1 sdt garam.
5 sdm minyak goreng, untuk menumis.
8 lembar daun jeruk.
3 batang serai, memarkan.
3 sdm kecap manis
1 sdm air asam jawa
Bumbu Halus Burung Puyuh Tumis Kecap:
20 cabai merah besar
10 bawang merah.
6 siung bawang putih
seruas jari jahe.
2 sdt terasi.
1 sdt garam.
4 sdt gula merah.
Cara Membuat Burung Puyuh Tumis Kecap
Lumuri burung puyuh dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit.
Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk dan serai. Aduk hingga harum.
Masukkan kecap manis, air asam dan burung puyuh. Setelah tampak kaku, tutup wajan, kecilkan apinya. Masak terus hingga matang dan bumbunya meresap. Angkat.


5 komentar:

  1. Mohon ijin berbagi, kami SQF Prokimal menyediakan:
    1. Bibit Azolla untuk pakan ternak.
    2.Obat lalat tabur kemasan sederhana, harga terjangkau namun hasil tetap efektif
    3. Resep membuat obat sendiri.
    Berminat hubungi via sma atau WA ke 082185555575 diberikan pendampingan.

    BalasHapus
  2. Jual daging Malond, harga terbaik fery_zone@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. Yang butuh burung Malon di Bintaro, serpong, tangerang, jakarta selatan, jakarta barat, silahkan hubungi pbhmalon di wa/phone 081315222998

    BalasHapus