Rabu, 01 Juli 2015

SATE MARANGGI

Sate Maranggi merupakan kuliner khas indonesia yang berasal dari daerah Purwakarta- Jawa Barat.Bahan utama sate maranggi adalah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging kambing.Sate Maranggi tidak beda jauh dengan sate-sate yang pada umumnya, namun ciri khasnya adalah, pada saat kita mulai mengunyah sate ini rasa daging yang khas seperti makan dendeng.
Sate Maranggi yaitu Sate terbuat dari daging sapi yang telah diolah berbagai macam bumbu serta rempah-rempah.Sate Maranggi biasanya disajikan dengan saos tomat, sambel kecap serta ada juga yang menggunakan sambel oncom, biasanya 1 porsi terdiri dari 10 tusuk sate.
Rasa Sate Maranggi ini agak manis serta gurih yang meresap kedaging sate tersebut, satu tusuk sate maranggi ini cukup besar-besar namun tektur rasa dagingnya empuk sekali, sehingga tidak menyulitkan para penggembarnya untuk mengunyah serta menyantapnya.
Sate Maranggi ini menjadi empuk dikarenakan bumbunya rasanya benar-benar terasa, seperti aroma ketumbar benar-benar terasa, lengkoas, lada, kecap manis, daging – daging tersebut sudah direndam terlebih dahulu dengan bumbu tersebut, baru ditusuk dan dibakar.Rasanya benar-benar seperti Dendeng
bahan:
Daging sapi 800 gr
120 gr gula aren, parutan
5 sdm kecap manis
30 tusuk sate, direndam dalam air, tiriskan
bumbu halus resep sate maranggi :
12 bawang merah
8 siung bawang putih
1 ½ sdm ketumbar
2 sdm   air asam ( 50 gram asam jawa )
  1 ½ sdt garam
Saus cabai:
10 cabai hijau kecil, cincang
2 tomat merah, cincang
5 bawang merah, cincang
Cuka 1 sdm
10 sdm kecap manis
Cara Membuat Sate Maranggi
1. Potong daging sapi ke dalam bentuk dadu, sekitar 1-1 ½ cm. Aduk rata dengan gula aren, kecap manis dan bumbu halus. Biarkan selama 30 menit untuk memungkinkan daging menyerap rasa.
2. potong Skew 4-5 daging di setiap tusuk sampai semua dadu daging yang dikonsumsi.
3. Panaskan panggangan di atas bara panas, grill sate sementara diasinkan, putar terbalik sampai matang merata, angkat.
4. Sambal: Campur cincang cabai hijau, irisan tomat dan bawang merah dalam mangkuk, tambahkan cuka dan kecap manis, aduk rata.
5. Tempatkan tusuk sate di piring saji, sajikan panas dengan saus dan lontong.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar